Loading...

Minggu, 17 Februari 2019

Fungsi Crankshaft Position Sensor pada sepeda motor Injeksi

Hallo brother Fungsi Crankshaft Position Sensor pada sepeda motor Injeksi - Sepeda motor yang mengadopsi system pemasukan bahan bakar dengan menggunakan system Injeksi bahan bakar , sekarang ini memang sedang menjadi Trend.. Hampir semua produsen sepeda motor ditanah air melakukan revolusi terhadap semua produknya yang masih menggunakan system pemasukan bahan bakar menggunakan Karburator .

Fungsi Crankshaft Position Sensor. Tiada salahnya sebagai brother, mengetahui komponen komponen pendukung kerja pada system Injeksi ini. Setidaknya buat menambah wawasan agar apabila kendaraan kesayangan brother mengalami trouble , tidak buru buru panik ato melakukan Justifikasi bahwa motor Injeksi itu sering rewel , tidak tangguh , banyak masalah , biaya perawatan mahal dan lain sebagainya. silahkan baca Cara Cerdas Membaca Kerusakan Motor Injeksi Honda melalui lampu Indikator
 
Fungsi Crankshaft Position Sensor pada sepeda motor Injeksi

Alangkah bijaknya brother juga mengetahui komponen apa saja sich pendukung kerja pada sepeda motor yang mengadopsi system Injeksi. silahkan baca Komponen Sistem Injeksi Elektronik Bila brother perhatikan dari namanya saja mungkin sudah dapat menerka , namanya Crankshaft Posisi Sensor , berarti Sensor ini berfungsi untuk pendeteksi posisi dari Crankshaft. Ya , kurang lebihnya sich seperti itu.

Apa yang dideteksi dan bagaimana cara kerjanya.

Secara singkat dapat kami gambarkan , Crankshaft Position Sensor adalah sensor yang berfungsi memberikan sinyal ke Engine Control Unit  untuk mendeteksi posisi sudut crankshaft dan putaran mesin dengan akurat sehingga ECU dapat mengatur durasi Injeksi bahan bakar dan waktu pengapian yang tepat , bersamaan masukan dari sinyal yang terdapat pada Throtle body  dan Thermosensor .

Fungsi Crankshaft Position Sensor pada sepeda motor Injeksi

Crankshaft Position Sensor  terdiri dari dua komponen , yaitu pick up coil ( pulser coil satu bagian dengan stator assy ) , dan pick up rotor ( terdapat pada  magnet ) yang berputar bersamaan dengan putaran crankshaft . Dan ketika gigi ( tonjolan ) pada pick up rotor melewati pick up coil , maka  terjadilah perubahan medan magnet pada sensor tersebut.

Fungsi Crankshaft Position Sensor pada sepeda motor Injeksi

Nach , dari perubahan medan magnet inilah yang menimbulkan arus listrik AC ( sinyal ) pada sensor pick up coil tersebut ,  kemudian sinyal tersebut oleh Crankshaft Position Sensor diteruskan ke Engine Control Unit sebagai pusat pengendali ( Otak ) pada system kerja sepeda motor Injeksi , sehingga Engine control unit dapat mengetahui posisi dari crankshaft dan putaran mesin.

Pada sepeda motor Injeksi pada magnet  ( rotornya ) terdapat banyak tonjolan ( gigi pick up rotor ), yang mana pada setiap durasi 30° , maka crankshaft position sensor  akan mengirimkan sinyal ke engine control unit . Oh iya Bikers , pada pick up rotor tersebut ada satu saat terdapat waktu jeda pada durasi 60° ( gigi pick up rotor agak renggang ), dan dari kondisi jeda ini engine control unit dapat mengetahui kecepatan putaran mesin.

Crankshaft position sensor juga berperan besar dalam menentukan berapa banyak volume bahan bakar yang akan disemprotkan oleh Injektor kedalam ruang bakar bersamaan dengan sensor sensor yang terdapat pada Throtle body serta sensor dari pendeteksi suhu mesin ato Thermosensor.

Pada umumnya Engine Control Unit pada sepeda motor Injeksi sudah dirancang secara khusus agar dapat melakukan Diagnosa ( Self Diagnosis ) apabila terjadi kegagalan fungsi pada system kerja Injeksi.. Bagimana tanda tandanya..??  Tandanya adalah Lampu Indikator yang terdapat pada speedometer akan berkedip kedip , bahkan bisa juga  menyala terus menerus.

Sekian info mengenai  Fungsi Crankshaft Position Sensor pada sepeda motor Injeksi ingat utamakan selalu keselamatan , semoga berguna bagi para brother semua . Kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... terimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon