Loading...

Kamis, 07 April 2016

Komponen Sistem Injeksi Elektronik

Hallo brother Komponen Sistem Injeksi ElektronikInjeksi bahan bakar adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar.
Sistem Injeksi Elektronik
Sistem InjeksiPenggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator, karena injektor membuat bahan bakar tercampur secara homogen. Hal ini, menjadikan injeksi bahan bakar dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat, baik dalam proporsi dan keseragaman.
baca juga Perbandingan mesin motor menggunakan karbulator dengan injeksi 

Injeksi bahan bakar dapat berupa mekanikal, elektronik atau campuran dari keduanya. Sistem awal berupa mekanikal, namun sekitar tahun 1980-an mulai banyak menggunakan sistem elektronik. Sistem elektronik modern menggunakan banyak sensor untuk memonitor kondisi mesin, dan sebuah unit kontrol elektronik menghitung jumlah bahan bakar yang diperlukan. Oleh karena itu, injeksi bahan bakar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi, dan juga memberikan tenaga keluaran yang lebih.
komponen-komponen dalam sistem injeksi elektronik standar
skema mesin injeksi bahan bakar yamaha matik
  • Injektor
  • Fuel Pump/Pompa bahan bakar
  • Fuel Pressure Regulator
  • ECM – Engine Control Module; termasuk sebuah komputer digital dan circuitry untuk berkomunikasi dengan sensor dan control output.
  • Wiring Harness
  • Crank/Cam Position: Hall effect sensor
  • Airflow: Sensor MAF, dan Sensor MAP
  • Exhaust Gas Oxygen: Sensor oksigen, Sensor EGO, Sensor UEGO

Unit utama sistem injeksi elektronik (EFI) adalah ECU (Engine Control Unit) dalam bahasa Indonesia Unit Kontrol Mesin, yang berfungsi memonitor kerja mesin melalui sensor. Sensor-sensor akan mengirimkan sinyal ke ECU dan ECU akan menghitung jumlah bahan bakar yang perlu diinjeksikan dan mengontrol mesin dengan cara mengontrol jumlah air dan udara yang masuk. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan tergantung dari beberapa faktor seperti suhu mesin, kecepatan rotasi mesin, dan komposisi gas buang.

Injektor bahan bakar ini biasanya tertutup, dan terbuka untuk menginjeksikan bahan bakar ketika ada listrik yang mengalir di gulungan solenoid.
baca juga Kelebihan dan Keunggulan Motor Injeksi
Teknologi injeksi bahan bakar Yamaha atau lebih dikenal dengan sebutan Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) dapat membantu penghematan bahan bakar. Teknologi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) telah digunakan pada Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah – Yamaha Mio J.

Sekian info mengenai Komponen Sistem Injeksi Elektronik Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon