Loading...

Rabu, 05 Februari 2020

Hati-hati Bersihkan Saringan Udara Motor Injeksi!

Hallo brother Hati-hati Bersihkan Saringan Udara Motor Injeksi! - Bagi pengguna sepeda motor tentu saja sudah tidak asing lagi dengan  part yang satu ini yang  namanya filter udara. Part ini memiliki peran yang terlalu mutlak sekali karena fungsinya sebagai penyaring udara yang masuk ke didalam area silinder atau area pembakaran.

Saringan Udara Motor Injeksi. filter udara adalah termasuk Salah satu komponen yang jarang mendapat perhatian. Meski demikian, fungsi part tersebut juga penting bagi performa motor. Karena itulah, filter udara juga perlu dirawat secara rutin. Jika sampai terbengkalai, filter udara yang kotor bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros, mesin terasa brebet, dan bahkan mogok di tengah jalan.


Bersihkan Saringan Udara Motor Injeksi

Ternyata, untuk membersihkan filter udara tidak perlu ke bengkel dan dapat dilakukan sendiri. Untuk kamu yang belum mengerti tentang filter udara yang berada di motor, kali ini tipsmontir akan memberikan  tips cara mem Bersihkan Saringan Udara Motor Injeksi!

 Bersihkan Saringan Udara Motor Injeksi

Filter udara basah tersemat pada matik injeksi, misalnya diaplikasi oleh Honda Beat PGM-Fi, , sebenarnya mirip dengan saringan pada sistem karbu. Terbuat dari bahan kasa yang halus dan terdapat pelumas guna menangkap debu agar tidak menggangu sistem pembakaran. 

Meski sama namun cara merawatnya berbeda mengingat walau berbahan material sama, untuk filter basah ini mengandung lapisan pelumas khusus yang nantinya akan memaksimalkan filter dalam menangkap kotoran. Akan tetapi, untuk cara merawat filter udara motor jenis basah ini justru tidak boleh disemprot menggunakan kompresor dan dilarang untuk dicuci. Bahkan, tidak boleh juga dibersihkan menggunakan sikat atau kuas. Sebab, jika disemprot, dicuci atau disikat justru akan menghilangkan pelumas yang melapisi filter udara ini. 

Lantas, cara merawatnya bagaimana ya? 

Nah, untuk panduan cara membersihkan filter udara motor jenis basah ini, sobat hanya perlu memukul-mukulnya secara ringan atau dengan dilap secara tipis dan perlahan. Namun, tipsmontir sarankan, apabila filter udara tipe basah ini kondisi kotoran atau debu yang menempel sudah sangat tebal maka segera diganti dengan yang baru guys.

Jika terpaksa dibersihkan, apalagi dengan cara menyemprotkan udara ke filter secara frontal akan merusak bahan penyaringnya. Otomatis kotoran lebih leluasa masuk pada sistem pembakaran. Jika sudah begitu, mesin malah jadi mudah kotor. Tarikan motor bisa jadi berat, bahan bakar juga jadi lebih boros. 

Kalaupun mau dibersihkan jangan langsung ke arah filter. "Cukup menyemprotkan udara dengan pelan dari sisi samping filter. Itu pun hanya mengangkat kotoran sedikit pada permukaan atasnya. Biasanya dilakukan saat servis berkala.

Meskipun jarak tempuhnya masih terbilang jauh dari ketentuan buku panduan. Sebab, dibersihkan dengan cara tersebut juga tidak berpengaruh, soalnya yang bersih hanya permukaan atasnya, dalamnya kan enggak. Semakin lama kotorannya menumpuki.

Kalau kotoran sudah menumpuk, saringan bisa mampat. Tenaga mesin jadi ngeden. Wajar saja untuk menggantinya, jika ingin kinerja motor anda selalu prima

Untuk video lebih jelasnya tentang Hati-hati Bersihkan Saringan Udara Motor Injeksi! bisa dilihat di channel youtube saya 



Sekian info mengenai Hati-hati Bersihkan Saringan Udara Motor Injeksi! Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon