Hallo brother ... salam satu hati ... kali ini tedymotor akan membahas Cara Tepat Merawat Filter Udara Sepeda Motor . Filter udara adalah hal yang penting bagi sobat pengguna motor berkarburator, karena fungsi dari filter ini untuk menyaring debu yang masuk. nah saat ini banyak dari temen-temen yang lalai bahkan dilupakan merawat filter udara ini. Berikut ulasan singkat dari admin.
Mungkin ada dari
sebagian kita yang belum mengetahui apa itu filter udara, OK sebelum
kita bahas cara merawat filter kita perlu ketahui dulu filter udara?
Filter udara atau
yang biasa disebut dengan saringan udara adalah bagian dari perangkat
atau aksesoris motor yang sangat penting bagi pembakaran diruang bakar
pada motor. Apabila perangkat filter udara tidak melakukan tugasnya
atau tidak berfungsi dengan baik maka hal ini akan menyebabkan
terganggunya proses pembakaran pada motor yang kita gunakan, dan yang
lebih fatalnya lagi adalah bila kotoran atau debu masuk kemudian sampai
menggores dinding silinder dan piston, maka yang akan terjadi pada motor
kita adalah performa sepeda motor pun akan menurun drastis.
Cara merawat filter udara sepeda motor yang baik
Dalam Proses
service motor , perlu di lakukan service berkala dan beberapa komponen
harus di bersihkan Bahkan, jika perjalanan motor sudah menempuh
15.000-20.000 km maka harus diganti. Tapi bila Anda tinggal di daerah
yang banyak debu, pabrik atau proyek tentu lebih cepat kotor dan sering
diganti. Harganya murah, antara Rp 30-80 ribu. Kalau yang lebih mahal
banyak juga, bisa di atas Rp 100 ribu”.
3 Jenis Filter Pada Motor Yang Perlu Anda Ketahui Cara Merawatnya
- Filter Kertas (kering).
Untuk tipe filter
yang kedua ini biasana agak lebih tebal , oya untuk tipe filter yang ini
banyak yang bilang sebagai fiter “dry element“, yaitu mempunyai bahan
lebih tebal sehingga tidak cepat rusak saat menyaring udara.
Nah untuk cara
merawat atau untuk membersihkannya sangat mudah bikers, anda tinggal
semprot dengan udara bertekanan tinggi dari arah berlawanan dengan arah
udara masuk. “Sebaiknya filter jenis ini diganti setiap kelipatan 8.000
km,” saran Maryadi.
- Filter Kertas (basah).
Untuk tipe yang
ketiga ini biasanya terdapat pada sepeda motor matik, atau sepeda motor
tahun pembuatan baru ,di tahun 2014 ini banyak sekali motor matic yang
bermunuculan , oya yang perlu anda perhatikan bahan kertasnya secara
kasat mata sama dengan filter kertas kering, tapi jika diraba, terasa
ada lapisan pelumas khusus untuk menangkap kotoran. untuk tipe yang
seperti ini tidak boleh dicuci, dan jangan mencoba coba untuk di cuci,
Sedangkan untuk membersihkan dan merawatnya cukup dengan dipukul-pukul
ringan. Tapi lebih disarankan ganti setiap 15.000 km.
- Tipe konvensional
tipe yang satu ini
biasanya filernya mennggunakan bahan busa . untuk tipe filter yang satu
ini biasanya terdapat pada sepeda motor dengan tahun pembuatan lama,
contoh motor lama yaitu sebelum 2005. nah untuk cara merawatkannya yaitu
bisa dengan menyiram atau merendamnya dengan campuran air dan sabun.
Setelah itu
dikeringkan dengan menggunakan matahari atau bisa juga dengan
disemprotkan udara bertekanan tinggi. Untuk lebih maksimal lagi,anda
bisa lapisi dengan oli dan diratakan untuk menangkap kotoran. Jika
busanya sudah mengeras, atau pori-porinya mulai tampak tidak rapat,
tandanya perlu diganti.
Catatan :
Semua tipe filter
saringan udara diatas sebenarnya bisa diolesi dengan oli, asal tahu cara
yang benar. Ada banyak di pasaran minyak yang khusus untuk penyaring
udara ini atau minyak yang khusus untuk merawat filter udara tersebut
selain menggunakan oli. Tapi jika tidak ada , anda bisa gunakan diolesi
dengan oli encer (baru), dan tidak perlu sampai basah kuyup.
Nah sudah jelas
khan sobat, tinggal pratek dirumah dan moga-moga tunggangan sobat semua
awet dimulai dengan cara perawatan yang sederhana ini ya sobat.
Sekian info mengenai Cara Tepat Merawat Filter Udara Sepeda Motor. Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
EmoticonEmoticon