Loading...

Kamis, 14 April 2016

Penyebab Aki Cepat Tekor Pada Sepeda Motor

Tags

Hallo brother Penyebab Aki Cepat Tekor Pada Sepeda Motor Anda - Seperti yang telah kita ketahui bahwa baterai atau aki pada sepeda motor sangat berperan peting untuk suber kelistrikan pada sepeda motor yang anda miliki. Selain memberikan arus listrik ke koil, baterai juga akan mengalirkan suber listriknya ke sistem starter, lampu utama, klakson, lampu sain dan lain sebagainya. 


Penyebab Aki Cepat Tekor . Nah, jika aki motor yang berada di sepeda motor anda mengalami tekor atau bisa di bilang juga dengan tegangannya lemah, hal tersebut akan mengakibatkan beberapa sistem kelistrikan pada sepeda motor akan tidak stabil dan malah tidak berfungsi. Masalah tersebut sering terjadi pada biker.

Penyebab Aki Cepat Tekor Pada Sepeda Motor

Sebelum anda memvonis aki tersebut sudah rusak ataupun suah kelek, alanhkah baiknya anda cek terlebih dahulu untuk mengetahui masalah sebenarnya pada akit atau baterai tersebut. Jika anda tidak melakukan pengecekan terlebih dahulu maka bisa jadi aki baru pun mengalami kendala tersebut.

Penyebab Aki/Baterai Pada Sepeda Motor Cepat Tekor


Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan aki sepeda motor mengalami cepat tekor, salah satu fator utama yang sering muncul adalah bagi anda yang hobi memodifikasi atau menambah aksesoris tanpa melakukan penyesuaian, salah satu contohnya yaitu memasang klakson model keong, memasang lampu HID bahkan melakukan bore up pun bisa menyebabkan aki atau baterai depat tekor. Selain itu beberapa kerusakan pada komponen seperti kiprok juga bisa menjadi biang keroknya. Nah, di bawah ini kami akan memberi tahu kan penyebab – penyebab jerjadinya aki cepat tekor.
  • Penyebab Pada Kiprok
Pada komponen kiprok tersebut sejatinya yaitu berfungsi untuk membatasi tegangan dari generator atau sering kita dengar spull. Hal tersebut harus anda ketahui juga bahwa besarnya tegangan yang di hasilkan generator ini tergantung pada sebuah putaran mesin, maksudnya semakin tinggi putaran mesin maka semakin tinggi pula tegangan yang telah di keluarkan. Dikarenakan tegangan tersebut di gunakan untuk mengisi aki maka besarnya harus di batasi. Nah, jika kiprok sudah mengalami kerusakan maka berdampak pada baterai/aki akan mengalami over carging atau pengisian berlebihan. Maka dari itu lakukanlah pengecekan apakah pengisian masih normal atau tidak. Caranya cukup gampang yaitu hidupkan mesin antara 4000 RPM sampai 5000 RPM, nah kemudian periksa tegangan pengisian. tegangan pengisian yang ideal dan baik adalah 14 samapi 15 volt.
  • Klakson modifan
Hal tersebut sering kali kita menemukan pada para biker yang memasang klakson mobil di sepeda motornya, Modifikasi tersebut tentu tidak di anjurkan pasalnya komponen tersebut membutuhkan suplai arus listrik yang cukup besar.
  • Bore Up
Mungkin anda juga aneh kan mengapa bore up bisa menyebabkan aki pada sepeda motor cepat tekor ? Banyak para biker yang melakukan bore up supaya mesinnya bertambah kecepatan dengan memperbesar kapasitas silender, namun tanpa di ikuti ugrade elektronik starter. akibatnya karena kompersi menjadi besar/tinggi, maka elektik starter menjadi sangat berat untuk memutarkan mesin. Lantasran terus memaksanya, maka aki motor akan menjadi cepat tekor.
  • Memasang Lampu HID
Mengganti lampu setandar dengan menggunakan lampu HID memang akan menjadi lebih terang. Akan tetapi perlu anda ingat bahwa perangkat atau komponen tersebut membutuhkan suplay listrik yang cukup besar. Jadi jika tidak di sesuaikan dengan spull pengisian, maka akan mengakibatkan baterai pada motor cepat tekor.

  • Kendala Pada Stop Lamp
Sering kali terjadi pada sepeda motor ketika stop lamp menyala terus walaupun tuas rem sudah tidak di tekan lagi, Jika anda tidak segera memperbaikinya maka arus listrik dari aki akan terus menerus mnegalir dan secara otomatis aki akan cepat tekor. Penyebab stop lamp terus menyala yaitu pada switch rem yang sudah rusak.
Sekian info mengenai Penyebab Aki Cepat Tekor Pada Sepeda Motor Anda ingat utamakan selalu keselamatan , semoga berguna bagi para brother semua . Kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... terimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon