Loading...

Kamis, 14 April 2016

Motor Injeksi mengeluarkan Asap Hitam Atau Putih ? Ini Cara Perbaikannya

Tags

Hallo brother ... salam satu hati ... kali ini tedymotor akan  membahas Motor Injeksi mengeluarkan Asap Hitam Atau Putih ? Ini Cara Perbaikannya .  Hal tersebut di karenakan oleh pembakaran yang kurang sempurna. Warna hitam yang telah di timbulkan tersebut yakni karena bahan bakar terlalu banyak. 

Pada indikasi lainnya ialah asap tersebut mempunyai bau yag menyengat dan jika anda kelamaan menghirup asap hitam pekat tersebut akan mengakibatkan pusing. Hal tersebut di sebabkan karena gas hidro carbon yang terlalu banyak. Gas tersebut bsia di katakan dengan gas beracun yang di sebabkan oleh bahan bakar yang tidak ikut terbakar pada ruang silinder. 

Cara mengatasinya yaitu dengan melakukan setting pada CO nya. Hal tersebut bertujuan untuk mengatur dan menyetel campuran udara dan bahan bakar. Hal tersebut sama juga yang sering kita jumpai di sepeda motor yang masih menggunakan karburator yang bisa di lakukan dengan memutar baut air ratio. Cara untuk menggunakan alat khusus, jadi sebaiknya bawalah motor anda ke bengkel resmi.

Berbeda dengan motor injeksi yang mengeluarkan asap putih. Hal tersebut di sebabkan karena oli pelumas yang ikut terbakar. Jika anda mengalami hal tersebut pada sepeda motor anda, yakni penyebab utamanya yaitu ring piston aus, sil klep keras, piston baret dan klep bocor. Sebenarnya sih baik itu motor injeksi ataupun motor yang masih menggunakan sistem karburator empat hal ini bisa terjadi dan cara mengatasinya pun sama. Nah, jika anda pemasaran anda bisa lihat di bawah ini.

Motor Injeksi mengeluarkan Asap Hitam Atau Putih ? Ini Cara Perbaikan

Penyebab Sepeda Motor Injeksi Berasap Putih :

  • Ring piston mengalami aus
Seperti yang telah kita ketahui bahwa ring piston berfungsi untuk menjaga antara piston dan dinding silinder. Karena terus menerus mengalami gesekan maka lama kelamaan ring piston menjadi aus. di karenakan ring piston aus maka oli pelumas yang berada di kalter akan mrembes ke ruang pembakaran dan ikut terbakar. Hal itulah yang menjadi penyebab asap putih leuar dari kenalpot. Cara untuk mengatasinya yaitu tentu saja anda harus mengganti ringpistonnya dengan yang baru.
  • Piston mengalami baret
Jika anda jendak mengganti oli yang baru untuk sepeda motor anda, usahakan terhindar dari depu dan juga kotoran yang ikut masuk ke dalam mesin. Jika motoran tersebut masuk ke dalam mesin dengan bercampur oli pelumas akan membuat piston baret. dan jika hal tersebut terjadi oli dari bak akan merembes melewati baret tersebut dan akan bercampur dengan bahan bakar di ruang pembakaran. Solusinya yaitu anda harus menggantinya dengan piston yang baru, akan tetapi jika dinding silinder ikut baret maka anda harus melakukan boring atau bisa di sebut juga dengan corter serta mengganti piston yang baru dengan ukuran yang lebih besar.
  • Sil/karet klep mengalami keras
Jika sudah lama kelamaan sil klep bisa berubah menjadi keras. Jika masalah itu terjadi oli pelumas di cylinder head akan turun ke ruang bahan bakar dan ikut terbakar. Solusi yang bisa anda lakukan yaitu harus mengganti sil klep yang baru.
  • Klep mengalami bocor
Pada penyebab terjadinya klep bocor ini biasanya karena kerak yang sudah tertumpuk di bibir klep atau bisa juga penyebabnya karena klep tersebut sudah tidak rata lagi. Solusi yang bisa anda lakukan yaitu dengan sekor ulang pada klep tersebut. Supaya tidak terlalu banyak mengikis, anda juga bisa menggunakan autosol.

Sekian info mengenai Motor Injeksi mengeluarkan Asap Hitam Atau Putih ? Ini Cara Perbaikannya. Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih…. 

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon