Loading...

Selasa, 10 Mei 2016

Perbedaan Velg Motor - Velg Jari-jari atau Velg Racing

Tags

 Hallo brother Perbedaan Velg Motor - Velg Jari-jari atau Velg Racing - perkembangan teknologi otomotif begitu cepat berubah, jika dahulu mayoritas motor menggunakan velg jari jari (spoke wheel),dewasa ini velg jari-jari sudah jarang dijalanan, keberadaannya digantikan dengan velg racing (cast wheel). 
Perbedaan  Velg Jari-jari atau Velg Racing

  • Velg Jari-Jari

Velg Jari-jari tergolong sebagai velg motor yang kuat, velg ini memiliki sifatkelenturan dibandingkan Velg Racing, kelenturan ini berfingsi menahan benturanyang keras sehingga cocok pada kondisi jalanan yang lumayan berat.

Velg ini juga relatif lebih kuat untuk mengangkut beban yang berat, dan dapat disetel ulang jika ada yang bengkok, disamping itu harga velg ini juga tergolong murah untuk setiap kelasnya.

Perbedaan Velg Motor - Velg Jari-jari atau Velg Racing

Namun dari sisi perawatannya, agak sedikit sulit untuk membersihkannya karena harus membersihkan satu-persatu jari-jari velg tersebut yang tentunya memakan waktu, selain itu karena bentuknya yang agak sedikit rumit, velg jari-jari membutuhkan perawatan khusus dan juga harus memperhatikan seberapa kencang ukuran penyetelan Jeruji.

Kekurangan dalam penyetelan jeruji akan sangat memperngaruhi kinerja laju sepeda motor, selain itu modelnya juga tidak banyak jenisnya (itu-itu aja), dan tidk bisa dipasangban tubeless.

  • Velg Racing

Velg Racing tergolong ringan dibandingkan velg jari-jari, namun tidak memiliki sifat kelenturan sehingga tidak dapat menahan beban yang terlalu berat, bahaya jika menghantam lubang dalam kecepatan tinggi, velg berpotensi pecah, kalau sudah bengkok parah atau pecah tidak ada pilihan lain selain mengganti dengan yang baru.

Umumnya velg jenis ini cocok digunakan dijalanan yang halus, seperti dijalanan perkotaan, bentuknya yang simple dan banyak modelnya memberikan kesan elegantersendiri disamping itu banyak pilihan warna dan gayanya. Disampint itu bisa dipasangkan ban tubeless.

Sejalan dengan bentuknya yang bervariasi, harganya pun bervariasi dan tergolong lebihmahal dibandingkan velg jari-jari.

Kesimpulan

Semua pilhan kembali kepada preferensi masing-masing rider, tentunya dengan mempertimbangkan beberapah hal yang telah disebutkan diatas, tiap jenis velg mempunya kelebihan dan kekurangannya tersendiri. 

Sekian info mengenai  Perbedaan Velg Motor - Velg Jari-jari atau Velg Racing ingat utamakan selalu keselamatan , semoga berguna bagi para brother semua . Kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... terimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon