Loading...

Senin, 23 Mei 2016

Tips Merawat Sepeda Motor Setelah Terendam Banjir


Hallo brother Tips Merawat Sepeda Motor Setelah Terendam Banjir - Jika Anda menggunakan sepeda motor untuk rutinitas sehari-hari, tentunya pengalaman terkena banjir atau genangan air sudah biasa. Terlebih lagi jika Anda tinggal di Jakarta atau daerah langganan banjir.

Merawat Sepeda Motor Setelah Terendam Banjir

Merawat Sepeda Motor Setelah Terendam Banjir. Mau tak mau, motor harus menerobos banjir untuk sampai di tempat tujuan. Sepeda motor yang terendam banjir meskipun tidak tinggi, terkadang bisa membuat mesin mogok. Lalu bagaimana merawat motor yang terendam banjir?


Berikut ini beberapa tips yang akan TedyMotor ulas:
  • Tidak menyalakan mesin begitu terendam banjir
Langkah pertama jika sepeda motor terendam banjir adlaah tidak menyalakan mesin. Menghidupkan mesin kembali dapat membuat air dan kotoran dapat masuk ke dalam mesin. Hal tersebut bisa menyebabkan mesin aus.
  • Bersihkan mesin
Tindakan yang benar adalah membuka mesin. Misalnya dari crankcase, bak kopling, blok silinder dan kepala silinder, hingga karburator. Setelah mesin dibuka. Rendam komponen di dalam bensin atau cairan penetral untuk menghilangkan karat.
  • Ganti oli
Kuras oli setelah motor terendam banjir. Caranya dengan memebrsihkan tempat olinya lalu ganti oli baru karena kotoran atau air masuk di sela-sela mesin dan tutup oli sehingga bisa tercampur dengan oli.
  • Buka komponen kelistrikan

Buka semua komponen kelistrikan sepeda motor, seperti saklar, konektor kabel, spul, motor starter hingga fitting bohlam. Sebaiknya segera buka komponen tersebut setelah motor terendam banjir. Pasalnya jika tidak segera dibuka, bisa berdampak korosi yang membuat korsleting. Keringkan komponen dengan dijemur atau menggunakan kompresor lalu semprotkan cairan anti karat.

  • Sistem rem


Saat sepeda motor terendam banjir cukup dalam, rem belakang sering mengunci sendiri. Biasanya penyebabnya akibat permukaan kampas rem yang basah atau lembab. Hal tersebut bisa menyebabkan lengket ketika menempel pada permukaan tromol.silahkan baca cara memperbaiki rem cakram yang macet.

Sebaiknya atasi kemungkinan rem belakang mengunci pasca terendam banjir. Cara mengatasinya adalah mencuci rem belakang lalu memainkan rem saat motor sedang berjalan. Cara tersebut digunakan untuk mengeringkan ruangan tromol dan permukaan kampas rem.


Sekian info mengenai Tips Merawat Sepeda Motor Setelah Terendam Banjir. Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih…. 

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon