Loading...

Kamis, 09 Maret 2017

Dampak Penggunaan Octan Booster Pada Mesin

Tags

Hallo brother  Dampak Penggunaan Octan Booster Pada MesinSemakin maraknya motor dengan teknologi tinggi yang menggunakan kompresi mesin tinggi di atas 9,5:1 menyebabkannya harus mengkonsumsi BBM dengan octan di atas 88 pada BBM Premium bersubsidi. Sebagai mana diketahui bahwa rekomendasi penggunaan jenis BBM berdasarkan rasio kompresi mesinnya sebagai berikut:
NORASIO KOMPRESIJENIS BENSIN
17:1 – 9:1Premium (RON 88)
29:1-10:1Pertamax (RON 92)
310:1-11:1Pertamax Plus (RON 95)
Penggunaan Octan BoosterApakah yang terjadi jika mesin menggunakan jenis BBM yang tidak tidak sesuai dengan jenis rasio kompresinya? Kalau BBM yang digunakan memiliki octan terlalu rendah maka akan terjadi knocking sedangkan apabila octan terlalu tinggi maka mesin akan susah distarter. Knocking sangat berbahaya bagi mesin karena bisa merusakkan klep dan piston.
Octan Booster
Harga dari berbagai BBM dengan octan yang di atas dari 88 yaitu Pertamax dan Pertamax Plus jauh lebih mahal sampai mendekati 2 kali lipat dari harga BBM Premium. Bagi kalangan tertentu harga segitu terlalu mahal dan ada pula yang mencari solusi lebih murah supaya bisa menabung lebih banyak.
Bahayanya Penggunaan Octan Booster Pada Mesin
Salah satu solusi alternatif dari BBM beroktan tinggi yang harganya relatif mahal adalah menggunakan octan booster. Octan booster adalah suatu zat yang berguna untuk meningkatkan nilai octan dari suatu BBM. Saya sendiri mulai menggunakan octan booster beberapa waktu lalu karena keseharian menggunakan sepeda motor dengan kompresi mesin 11:1. Di sini saya tidak menyebutkan merk dari octan booster yang digunakan. Dosis yang saya gunakan adalah 2 ml per 1 liter BBM premium yang menurut brosur octan boostr itu bisa menaikkan octan BBM Premium setara Pertamax Plus (beroctan 95).
Dampak yang dirasakan ketika menggunakan octan booster memang tenaga motor meningkat meskipun tidak signifikan, mungkin karena motor telah disetting pabrikan untuk bisa mengkonsumsi BBM Premium meskipun kompresi mesin 11:1. Saya telah menggunakan octan booster ini hampir selama 2 bulan dan belum merasakan dampak buruk apapun.
Suatu hari ketika saya ingin menambahkan octan booster dari botolnya saya terkaget karena melihat ada kotoran berwarna hitam mirip karet pada botol octan booster itu, seperti terlihat pada gambar di atas. Setelah saya perhatikan dari pemakaian beberapa botol, kotoran seperti karet ini muncul ketika octan booster itu berinteraksi dengan udara bebas dan semakin lama semakin banyak. Kotoran mirip karet itu sangat berbahaya khususnya untuk mesin injeksi, karena kalau masuk ke fuel pump bisa menjadikannya mampet dan memperberat kerja fuel pump sehingga cepat rusak.
fuel pump honda cb 150r macet (10)
Oleh karena itu bagi para rider yang masih menggunakan octan booster harus berhati-hati dan sering memeriksa apakah octan booster yang dia gunakan aman dan terbebas dari efek gummy ini. Lebih bagus lagi menggunakan alternatif lain selain menggunakan octan booster.
Cara lain yang menurut saya lebih aman adalah dengan mengoplos BBM Premium dengan BBM beroktan di atasnya misalnya Pertamax atau Pertamax Plus. Jadi misal 1 liter BBM Premium dicampur dengan 1 liter BBM pertamax akan menghasilkan 2 liter BBM dengan octan:
(1 * 88 + 1 * 92) / 2 = 90
Selain itu meskipun kompresi mesin tinggi tetapi kalau pabrikan kendaraan telah menyatakan aman memakai premium sebaiknya menggunakan BBM premium saja, murah meriah dan aman. baca juga 5 Perbedaan Penting kateristik Pertalite dengan Premium, Pertamax dan Pertamax Plus
Sekian info mengenai  Dampak Penggunaan Octan Booster Pada Mesin Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon