Loading...

Kamis, 09 Maret 2017

Pengertian Knocking, Detonation dan Pre Ignition

Tags

Hallo brother Pengertian Knocking, Detonation dan Pre IgnitionKnocking dikenal juga dengan istilah 'Detonation' (Detonasi) juga 'Engine Knocking'. Pada istilah bahasa Indonesia dikenal juga dengan sebutan 'ngelitik' Yaitu suatu fenomena yang terjadi pada motor bakar (mesin pembakaran dalam) berupa suara ngelitik yang cukup keras dan juga munculnya getaran dari mesin dengan irama yang sama dengan suara tersebut. 

Knocking, Detonation dan Pre IgnitionGetaran ini muncul akibat bahan bakar dalam ruang bakar sudah terbakar dan meledak terlebih dahulu sebelum waktu penyalaan yang semestinya. Atau bisa disebut juga 'penyalaan mula' atau 'penyalaan sendiri' (Pre-ignition atau auto-ignition). Penyalaan ini membuat siklus pembakaran menjadi tidak tepat. Seharusnya penyalaan bahan bakar terjadi hanya satu kali dalam tiap siklus dan terjadi pada waktu yang tepat. 

Knocking, Detonation dan Pre Ignition

Penyalaan awal ini membuat bahan bakar tidak terbakar dan meledak hanya satu kali, melainkan beberapa kali dalam satu siklus. Hal ini menimbulkan suatu gelombang tekanan dan meningkatkan tekanan dalam ruang bakar secara drastis. Menimbulkan suatu getaran dan suara yang sangat khas. 

Penyebab knocking adalah bahan bakar yang terbakar sendiri, dapat disebabkan karena oktan bahan bakar yang terlalu rendah ataupun karena tekanan dan temperatur ruang bakar terlalu tinggi.


Pengertian Knocking, Detonation dan Pre Ignition

Pada kendaraan terdapat gejalan yang menunjukan ketidak normalan suatu mesin dalam bekerja, gejalan tersebut seperti knocking, yang terjadi karena saat pengapian tidak tepat, detonation atau pre ignition. Lanjut saja ke pembahasan utama :
  • Pengertian Knocking
Knocking adalah pembakaran yang abnormal ditandai dengan adanya suara seperti benda yang terpukul oleh palu. Sebab terjadinya knocking diantaranya adalah ignition timing tidak tepat, detonation dan pre ignition. Knocking dapat mempercepat kerusakan pada mesin, khusunya pada piston, connecting rod, bantalan, piston pin, dan lain sebagainya. Dibawah ini merupakan gambar piston yang berlubang akibat knocking.
Piston Akibat Knocking
Piston Akibat Knocking

  • Pengertian Detonation
Detonation disebabkan karena adanya hot spot, karbon yang menempel pada ruang bakar, yang kemudian menjadi bara api yang akan menyebapkan campuran udara dan bahan bakar terbakar lebih dahulu sebelum busi memercikan bunga api. Jadi detonation adalah pembakaran gas dan udara sebelum pengapian oleh busi, yang disebapkan menempelnya bara pada silinder.
  • Pengertian Pre Ignition
Adalah pembakaran abnormal yang terjadi diruang bakar (combustion camber), akibat octan bahan bakar terlalu rendah, sehingga bahan bakar akan terbakar dengan sendirinya, sebelum terjadi bunga api timbul dari busi. Jika nilai octan dari bahan bakar tinggi maka sulit terbakar, dan jika nilai octan dari bahan bakar rendah maka cepat terbakar.

Sekian info mengenai Pengertian Knocking, Detonation dan Pre Ignition ingat utamakan selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon