Loading...

Sabtu, 26 Januari 2019

Cara Kerja Roller Pada Motor Matic

Hallo brother kali ini saya akan berbagi ilmu tentang Cara Kerja Roller Pada Motor Matic Roller pada motor matic adalah salah satu part yang terdapat di bagian cvt yakni berada di bagian pulley depan.fungsi roller atau cara kerja roller pada prinsipnya yakni sebagai media untuk menekan pulley primary yang sekaligus sebagai rumah roller dengan memanfaatkan gaya putar atau sentrivugal sehingga roller terlempar dan menekan pulley sehingga bergeser dan menekan v-belt lalu di teruskan ke pulley secondary. 

Roller Pada Motor Matic semakin ringan roller maka roller semakin mudah terlempar & sebaliknya semakin berat roller maka akan semakin lambat terlempar jadi roller juga termasuk salah satu komponen yang sangat berpengaruh terhadap akselarasi motor namun harus di imbangi oleh komponen lainnya oleh karena itu pabrikan sudah menentukan sendiri berat roller standar pada masing2 motor jadi untuk masalah berat roller tidak sembarangan pasang karena bisa pengaruh terhadap top speed motor itu sendiri.


Cara Kerja Roller Pada Motor Matic

berat roller sangat bervariasi di mulai dari berat roller yang 6gr hingga 15gr semuanya tergantung kapasitas atau spe motor maticnya.roller pada motor matic umumnya berjumlah 6 dengan berbentuk bulat meskipun ada beberapa merek tertentu yang berbentuk tidak bulat yang banyak di pakai di motor yang racingan & bahan roller juga bermacam2 namun pada umumnya yang banyak dipalkai adalah dari bahan teflon karena anti panas juga licin sehingga memudahkan jalannya roller pada saat naik turun.berikut contoh roller racing yang berbahan teflon.

Cara Kerja Roller Pada Motor Matic


roller pada motor matic bukan tanpa perawatan selain harus rutin di bersihkan pada saat service,roller juga harus di cek apakah sudah aus atau masih bulat jika roller sudah tidak bulat namun tidak di ganti biasanya akan timbul vibrasi atau getaran yang cukup kuat di bagian cvt walopun tidak selamanya getar di hasilkan akibat roller saja tapi bisa di pengaruhi komponen lainnya seperti v-belt yang sudah aus & bagian kopling otomatis yang bermasalah.

tips untuk memilih roller yang tepat tentunya harus di sesuaikan dengan kebutuhan & keperluan karena setiap orang beda karakter dalam membawa kendaraan juga medan yang di tempuh berbeda pula,sebenarnya roller bawaan pabrikan itu sudah cukup namun beberapa orang menginginkan lebih misalkan ingin menambah akselarasi & top speed.tentunya kita dihadapkan 2 pilihan yakni apakah ingin menambah top speeed atau akselarasi jadi harus pilih salah satu dengan menyesuaikan medan tentunya,

apabila ingin menambah akselarasi maka berat roller harus dikurangi dari berat standarnya misalkan berat roller 11gr di ganti dengan 10 hingga 9gr bahkan ada yang sampai 7gr namun jika terlalu banyak mengurangi berat roller maka yang terjadi adalah top speed di korbankan mungkin dari yang tadinya nyampe 100km menjadi mentok 80km sj,sebaliknnya apabila menginginkan top speed maka berat roller harus di tambah misalnya dari 10gr menjadi 11gr hingga 13gr namun dampaknya akselarasi jadi berkurang atau motor menjadi berasa berat batau ngeden pada saat start awal ngegas 

namun setelah jarak yg ckup jauh motor semakin cepat dan bisa tembus km lebih dari sblumnya misalkan yang tadinya kilo meter hny mentok 90km bisa mnjadi 100km lebih.setelah mengetahui dampak dari mengurangi berat atau menambah berat roller kita sudah bisa menyimpulkan namun bagaimana caranya supaya akselarasi dapet & top speed dapet yakni gunakan berat roller standar sj namun bs cari yang berbahan teflon supaya licin & awet jika mau mengurai berat karena lebih membutuhkan akselarasi cukup mengurangi 1gr sj atau jika butuh top speed cukup nambah 1gr sj kecuali motor yang racingan semua atau sudah boar up itu lain lagi setingannya.


Untuk video lebih jelasnya tentang Cara Kerja Roller Pada Motor Matic  bisa dilihat di channel youtube saya 


Sekian info mengenai Cara Kerja Roller Pada Motor Matic  Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon