Loading...

Selasa, 11 Februari 2020

Sistem Pelumasan Pada Motor 4 Tak

Hallo brother Sistem Pelumasan Pada Motor 4 Tak - Mesin sangat penting untuk mendapatkan pelumasan, Agar mesin berjalan dengan baik dan sebisa mungkin terdengar mulus. Maka dari itu pelumasan pada mesin harus terjadi secara baik dan efisien. Kali ini kita akan memabahas sistem pelumasa pada motor 4 tak. 

Pelumasan pada motor 4 tak. Sistem pelumasan pada mesin sepeda motor 4 Tak berbeda dengan sistem pelumasan pada sepeda motor 2 Tak. Pada Motor 2 Tak diperlukan oli samping, sedangkan pada motor 4 Tak tidak diperlukan. 

 Sistem Pelumasan Pada Motor 4 Tak

Sistem pelumasan mesin pada motor 4 langkah (4 Tak) hanya menggunakan 1 macam oli untuk melumasi seluruh bagian komponen mesin motor mulai dari komponen ruang bakar, komponen kopling dan komponen Transmisi. Oleh karena itu diperlukan Oli dengan
spesifikasi khusus disini. 
 
Sistem Pelumasan Pada Motor 4 Tak

Sistem pelumasan untuk motor berbeda dengan sistem pelumasan mobil meskipun sama - sama menggunakan mesin 4 langkah. Karena pelumasan pada mobil antara ruang bakar,transmisi dibuat berbeda dan koplingnya dibuat sistem kering seperti halnya motor matic.

Pada motor 4 langkah biasanya pelumas di simpan di bak kruk as (crankcase) dan dialirkan ke seluruh komponen motor dengan bantuan pompa oli dan biasanya disebut Wet sump system. Tetapi ada juga motor yang menyediakan bak penampung pelumas secara terpisah di luar mesin motor atau biasa di sebut Dry sump system.

Seluruh volume oli pada Mesin tipe “wet sump” ditampung didalam crankcase (blok mesin) pada mesin tersebut. Pada sistem ini, oli dipompa dari genangan di crankcase, dilewatkan strainer/screen (semacam ayakan) atau filter oli, kemudian ditekan ke bagan mekanisme dalam mesin untuk melumasi komponen noken-as, temlar (pelatuk), batang klep (katup) dan akhirnya di kembalikan ke ruang kruk-as lewat ruang rantai kamrat. Oli dikembalikan dari daerah yang dilumasi ini dan mengalir menuju penampungan oleh gaya gravitasi.
 
Pelumasan untuk bagian silinder dan piston biasanya cuma mengandalkan gayungan atau cipratan kruk-as saja, tetapi untuk motor modern seperti SUZUKI telah menggunakan sistem nozel yang yang menyemprot langsung ke dinding silinder dan pelumas akan di sapu ke bawah oleh ring piston pada saat langkah hisap maupun langkah usaha. Pelumasan untuk kopling dan transmisi biasanya cuma mengandalkan cipratan pelumas saja pada saat mesin bekerja, tetapi ada juga yang mengambil pelumasan dari pompa oli.

Untuk video lebih jelasnya tentang
Sistem Pelumasan Pada Motor 4 Tak bisa dilihat di channel youtube saya 

Sekian info mengenai Sistem Pelumasan Pada Motor 4 Tak Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon