Hallo
brother Sistem Pelumasan Pada Motor 4 Tak - Mesin
sangat penting untuk mendapatkan pelumasan, Agar mesin berjalan dengan baik dan
sebisa mungkin terdengar mulus. Maka dari itu pelumasan pada mesin harus
terjadi secara baik dan efisien. Kali ini kita akan memabahas sistem pelumasa
pada motor 4 tak.
Pelumasan pada motor 4 tak. Sistem pelumasan pada
mesin sepeda motor 4 Tak berbeda dengan sistem pelumasan pada sepeda motor 2
Tak. Pada Motor 2 Tak diperlukan oli samping, sedangkan pada motor 4 Tak tidak
diperlukan.
Sistem pelumasan mesin pada motor 4 langkah (4 Tak) hanya
menggunakan 1 macam oli untuk melumasi seluruh bagian komponen mesin motor
mulai dari komponen ruang bakar, komponen kopling dan komponen Transmisi. Oleh
karena itu diperlukan Oli dengan
spesifikasi khusus disini.
Sistem Pelumasan Pada Motor 4 Tak
Sistem pelumasan untuk motor berbeda dengan sistem pelumasan mobil meskipun sama - sama menggunakan mesin 4 langkah. Karena pelumasan pada mobil antara ruang bakar,transmisi dibuat berbeda dan koplingnya dibuat sistem kering seperti halnya motor matic.
Pada motor 4
langkah biasanya pelumas di simpan di bak kruk as (crankcase) dan dialirkan ke
seluruh komponen motor dengan bantuan pompa oli dan biasanya disebut Wet sump
system. Tetapi ada juga motor yang menyediakan bak penampung pelumas secara
terpisah di luar mesin motor atau biasa di sebut Dry sump system.
Seluruh
volume oli pada Mesin tipe “wet sump” ditampung didalam crankcase (blok mesin)
pada mesin tersebut. Pada sistem ini, oli dipompa dari genangan di crankcase,
dilewatkan strainer/screen (semacam ayakan) atau filter oli, kemudian ditekan
ke bagan mekanisme dalam mesin untuk melumasi komponen noken-as, temlar
(pelatuk), batang klep (katup) dan akhirnya di kembalikan ke ruang kruk-as
lewat ruang rantai kamrat. Oli dikembalikan dari daerah yang dilumasi ini dan
mengalir menuju penampungan oleh gaya gravitasi.
Pelumasan untuk bagian silinder dan piston
biasanya cuma mengandalkan gayungan atau cipratan kruk-as saja, tetapi untuk
motor modern seperti SUZUKI telah menggunakan sistem nozel yang yang menyemprot
langsung ke dinding silinder dan pelumas akan di sapu ke bawah oleh ring piston
pada saat langkah hisap maupun langkah usaha. Pelumasan untuk kopling dan
transmisi biasanya cuma mengandalkan cipratan pelumas saja pada saat mesin
bekerja, tetapi ada juga yang mengambil pelumasan dari pompa oli.
Untuk video lebih jelasnya tentang Sistem Pelumasan Pada Motor 4 Tak bisa dilihat di channel youtube saya
EmoticonEmoticon