Hallo brother ... salam satu hati ... kali ini tedymotor akan membahas Cara memperbaiki starter motor Yang Rusak Atau Mati. Salah satu komponen pada sepeda motor yang juga memiliki peran cukup vital adalah motor starter. Jika sepeda motor anda dilengkapi dengan kick starter, apabila motor starter mati mungkin tidak menjadi suatu masalah berarti.
Karena anda masih bisa menyalakan sepeda motor dengan cara "di slah" atau menggunakan kick starter. Namun beberapa sepeda motor saat ini ada yang tidak dilengkapi dengan kick starter. Lalu apa jadinya jika starter motor mati? jalan satu-satunya adalah dengan cara didorong. Hal ini tentu akan sangat merepotkan.
Untuk memperbaiki starter motor, tentu anda harus mengetahui gejala awal
dari kerusakan pada starter motor tersebut. Periksalah gejala awal
matinya starter motor seperti suaranya yang kasar, atau bahkan tidak ada
suara sama sekali ketika tombol starter di tekan.
Apabila saat tombol
starter ditekan namun motor starter tidak berputar alias hanya diam maka
besar kemungkinan disebabkan oleh aki motor yang lemah. Kerusakan
starter motor bisa terjadi pada empat komponen yakni aki atau baterai,
rangkaian, relay starter, dan motor starter itu sendiri. Untuk cara
pemeriksaanya simak ulasanya berikut ini
Cara Pemeriksaan dan Cara Memperbaiki Starter Motor
- Aki atau Baterai
Baterai merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah sepeda motor,
karena komponen ini sebagai sumber arus kelistrikan motor salah satunya
untuk sistem starter. Jika saat tombol starter ditekan namun motor
starter atau dinamo starter diam alias tidak mau berputar maka pertama
kali yang harus dicek adalah sumbernya yakni baterai. Gunakan multimeter
atau avo meter dan periksa tegangan baterai. Tegangan baterai yang baik
adalah tidak kurang dari 12 volt. Jika kurang maka ada dua kemungkinan
yakni sistem pengisian yang bermasalah atau memang baterai sudah rusak.
- Rangkaian Starter
Jika ternyata tegangan baterai masih bagus maka langkah selanjutnya
adalah periksa rangkaianya. Periksa rangkaian starter mulai dari kabel
yang putus, socket-socket atau pada tombol starter yang kotor. Caranya
dengan menggunakan multimeter, periksa apakah arus listrik mengalir atau
tidak. Jika ada kabel yang putus sebaiknya diganti yang baru atau jika
terpaksa anda bisa menyambungnya kembali, jika tombol starter kotor
bersihkan dengan amplas halus.
- Relay Starter atau Bendik
Komponen yang satu ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk
memutus dan menghubungkan arus listrik yang cukup tinggi dari baterai
menuju motor starter. Cara mengeceknya, sambung dua kabel (biasanya ada
socketnya) ke baterai (+ dan -), jika terdengar suara "cetak" berarti
masih bagus. Jika tidak kemungkinan besar bendik sudah mati dan cara
memperbaikinya adalah dengan dilem biru alias lempar ganti yang baru.
- Motor Starter (dinamo)
Kerusakan pada motor starter memang jarang terjadi. Periksa dengan
menggunakan multimeter dengan cara probe (+) dihubungkan dengan kabel
yang menuju motor starter dan probe (-) dihubungkan dengan massa. Tekan
tombol starter dan periksa apakah ada arus listrik yang mengalir atau
tidak. Jika ada, maka bisa dipastikan motor starter mati. Kerusakan pada
motor starter ini ada dua kemungkinan yakni sikat (brush) sudah aus
atau kumparan putus. Jika hanya brushnya saja yang sudah aus, anda bisa
menggantinya dengan yang baru, namun jika ternyata kumparan (spull)
putus sebaiknya dibawa ke tukang servis dinamo.
Untuk memperbaiki starter motor, tentu anda harus mengetahui gejala awal
dari kerusakan pada starter motor tersebut. Periksalah gejala awal
matinya starter motor seperti suaranya yang kasar, atau bahkan tidak ada
suara sama sekali ketika tombol starter di tekan.
Apabila saat tombol starter ditekan namun motor starter tidak berputar alias hanya diam maka besar kemungkinan disebabkan oleh aki motor yang lemah. Kerusakan starter motor bisa terjadi pada empat komponen yakni aki atau baterai, rangkaian, relay starter, dan motor starter itu sendiri. Untuk cara pemeriksaanya simak ulasanya berikut ini
Apabila saat tombol starter ditekan namun motor starter tidak berputar alias hanya diam maka besar kemungkinan disebabkan oleh aki motor yang lemah. Kerusakan starter motor bisa terjadi pada empat komponen yakni aki atau baterai, rangkaian, relay starter, dan motor starter itu sendiri. Untuk cara pemeriksaanya simak ulasanya berikut ini
Cara Pemeriksaan dan Cara Memperbaiki Starter Motor
- Aki atau Baterai
Baterai merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah sepeda motor,
karena komponen ini sebagai sumber arus kelistrikan motor salah satunya
untuk sistem starter. Jika saat tombol starter ditekan namun motor
starter atau dinamo starter diam alias tidak mau berputar maka pertama
kali yang harus dicek adalah sumbernya yakni baterai. Gunakan multimeter
atau avo meter dan periksa tegangan baterai. Tegangan baterai yang baik
adalah tidak kurang dari 12 volt. Jika kurang maka ada dua kemungkinan
yakni sistem pengisian yang bermasalah atau memang baterai sudah rusak.
- Rangkaian Starter
Jika ternyata tegangan baterai masih bagus maka langkah selanjutnya
adalah periksa rangkaianya. Periksa rangkaian starter mulai dari kabel
yang putus, socket-socket atau pada tombol starter yang kotor. Caranya
dengan menggunakan multimeter, periksa apakah arus listrik mengalir atau
tidak. Jika ada kabel yang putus sebaiknya diganti yang baru atau jika
terpaksa anda bisa menyambungnya kembali, jika tombol starter kotor
bersihkan dengan amplas halus.
- Relay Starter atau Bendik
Komponen yang satu ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk
memutus dan menghubungkan arus listrik yang cukup tinggi dari baterai
menuju motor starter. Cara mengeceknya, sambung dua kabel (biasanya ada
socketnya) ke baterai (+ dan -), jika terdengar suara "cetak" berarti
masih bagus. Jika tidak kemungkinan besar bendik sudah mati dan cara
memperbaikinya adalah dengan dilem biru alias lempar ganti yang baru.
- Motor Starter (dinamo)
Kerusakan pada motor starter memang jarang terjadi. Periksa dengan
menggunakan multimeter dengan cara probe (+) dihubungkan dengan kabel
yang menuju motor starter dan probe (-) dihubungkan dengan massa. Tekan
tombol starter dan periksa apakah ada arus listrik yang mengalir atau
tidak. Jika ada, maka bisa dipastikan motor starter mati. Kerusakan pada
motor starter ini ada dua kemungkinan yakni sikat (brush) sudah aus
atau kumparan putus. Jika hanya brushnya saja yang sudah aus, anda bisa
menggantinya dengan yang baru, namun jika ternyata kumparan (spull)
putus sebaiknya dibawa ke tukang servis dinamo.
Sekian info mengenai Cara memperbaiki starter motor Yang Rusak Atau Mati Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
Sekian info mengenai Cara memperbaiki starter motor Yang Rusak Atau Mati Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
EmoticonEmoticon