Loading...

Kamis, 14 April 2016

Cara Menyetel Klep Pada Motor Suzuki Satria FU 150

Tags

Hallo brother Cara Menyetel Klep Pada Motor Suzuki Satria FU 150 - Klep atau yang bisa di sebut juga dengan katup dalam sebuah mesin pembakaran dalam yaitu berfungsi untuk mengatur masuknya campuran bahan bakar dan keluarnya gas haril pembakaranyang nantiny akan di alirkan melalui kenalpot. 

Cara Menyetel Klep Pada Motor Suzuki Satria FU 150. Celah antara kaptup dengan pematuk perlu di sesuaikan dengan spesifikasi yang ada. Biasanya pada sepeda motor celah katupnya ialah 0.05 milimeter hingga 0.15 milimeter.

Cara untuk mengukurnya yaitu di butuhkan alat yang bernama feeler gauge. Lantas apa akibatnya jika ukuran celah katup terlalu besar atau juga terlalu kecil ? Jika kita bayangkan secara logika, jika katup masuk terlalu besar maka akan di butuhkan waktu yang lebih lamam untuk menekan katup sehingga katup/klep terlambat membuka dan akibatnya jumlah campuran BBM alias bahan bakar yang masuk kurang dari seharusnya.

cara menyetel celah katup satria fu
Kasus tersebut bisa anda ketahui dengan suara gemercik dari bagian atas mesin yakni kepala silinder. Nah, sedangkan jika celah katup kecil atau terlalu sempit maka hal tersebut kebalikan dari celah katup yang terlalu besar. Jika celah katup terlalu sempit anda juga bisa mengetahuinya dengan terlihatnya asap hitam pada intake manifoldnya/gas buang. Nah, intinya jika penyetelan celah katup tidak sesuai maka akan berdampak pada performa mesin yang di hasilkan.
 Pada sebagian besar konstruksi katup pada sepeda motor menggunakan rocker arm, sehingga penyetelannya dengan menggunakan baut dan menyetel celah pada rocker arm tersebut. Akan tetapi ada juga yang sudah menggunakan shim untuk melakukan penyetelan celah katup salah satunya yaitu pada motor Suzuki Satria f 150. Nah, pada shim tersebut telah mempunyai ketebalan yang berbeda – beda, anda tinggal menyesuaikan saja untuk kebutuhan anda.
Salah satunya yaitu Jika di gunakan untuk perjalanan jauh seperti anda yang hobi dengan touring mungkin lebih baik menggunakan celah katup renggang, pasalnya setelan tersebut memiliki tarikan yang lumayan ringan. Nah, untuk menentukan ukuran shim yang akan anda gunakan pada motor satria f 150 bisa anda lihat pada tabel berikut ini.

Tabel celah katup pada Satria FU 150

 Cara Menyetel Celah Katup Pada Motor Suzuki Satria FU 150 :

  • Langkah pertama anda harus lepaskan terlebih dahulu tutup kepala silinder dengan melepas baut yang berjumlah 4 buah.
  • Selanjutnya posisikan piston pada posisi titik mati atas (TMA) dan dalam kondisi kompresi yang di tandai dengan kedua katup dalam kondisi bebas. dan pastikan juga lubang blok magnet tepat pada tanda huruf T.
  • Setelah anda mengatur piston berada di TMA, sekarang anda siapkan alat bernama feeler gauge dan ukurlah celah katup dengan menyisipkannya di bawah noken as.

Stel klep satria fu

  • Nah, pada celah katup suzuki satria fu 150 standarnya yaitu 0.1 sampai 0.2 mm untuk ukuran katup In. Pada katuk Ex nya yaitu berukuran 0.2 sampai 0.3 mm (Pada mesin keadaan dingin).
  • Jika anda menemukan celah yang tidak sesuai, anda bisa lepaskan rumah shim dan noken as nya. Perharikanlah angka yang berada di shim lalu gantilah dengan yang sesuai.
  • Kami ambil sebagai contohnya yakni pada celah terukur 0.05 sedangkan ukuran setandarnya yaitu 0.1 dan shim yang di gunakan berukuran 1.80, maka supaya celah menjadi 0.1 mm maka shim di ganti dengan ukuran 1.75.
Baca juga : CARA MENYETEL KATUP
Sekian info mengenai Cara Menyetel Klep Pada Motor Suzuki Satria FU 150 ingat utamakan selalu keselamatan , semoga berguna bagi para brother semua . Kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... terimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon