Loading...

Kamis, 14 April 2016

Tips dan Cara Mengganti Air Radiator di Motor Vario 125cc

Hallo brother ... salam satu hati ... kali ini tedymotor akan  membahas  Tips dan Cara Mengganti Air Radiator di Motor Vario 125cc . Sepeda motor Honda Vario 125 ialah motor metic yang menggunakan sistem pendingin cairan. Tentu saja dengan menggunakan sistem pendinginan tersebut mesin akan lebih efektif saat berada dalam kemacetan di bandingkan sistem pendingin udara. 

Cairan pendingin yang di sebut juga dengan coolant akan bersirkulasi di dalam mesin untuk menyerap panas dan kemudian melepaskan ke udara di radiator dengan bantuan kipas. Berbeda dengan sistem pendingin udara yang tidak perlu menggunakan perawatan berkala. Pada sistem pendingin cairan ini akan memerlukan perawatan secara berkala terutama pada air radiatornya.

Untuk melakukan penggantian air radiator pada sepeda motor Honda vario 125 di sarankan untuk menggantinya setiap 24000 km. Biasanya untuk pemakaian yang cukup lama bisa mengurang kualitas dan kapasitas air pendingin pada radiator.

 Jika hal tersebut terjadi maka tentu saja akan berdampak pada kurangnya optimalisasi dalam sistem pendinginan dan nantinya bisa mengakibatkan mesin mengalami overhead atau panas berlebihan. Anda jangan khawatir, cukup mudah untuk menguras air radiator pada motor honda vario 125 untuk mengganti air radiator yang baru, Nah bila anda belum pernah mengganti air radiator pada honda vario 125, simak langkah – langkah yang kami berikan untuk anda di bawah ini.

Cara Mengganti Air Radiator Pada Motor Honda Vario 125 :

Tips dan Cara Mengganti Air Radiator di Motor Vario 125cc
mengganti air radiator di vario 125cc


  • Langkah pertama anda harus siapkan terlebih dahulu air coolant 500 mililiter
Cairan tersebut bisa anda membelinya di bengkel – bengkel atau bisa juga membelinya di bengkel resmi honda dengan harga biasanya sekitar Rp 20 ribuan saja untuk setiap botolnya. Kami sarankan untuk memilih yang asli dari honda, pasalnya sudah di lengkapi dengan cairan anti karat.

  • Langkah ke dua yaitu buka cover radiator
Untuk membuka cover radiator anda harus memerlukan kunci T ukuran 8 untuk melepas baut yang mengikat cover dengan radiator. Siapkan terlebih dahulu wadah untuk menampung air radiator yang akan di kuras, setelah itu lepaskan baut pembuangan dengan menggunakan kunci bintang 5. Jangan lupa juga anda harus membuka tutup radiator agar air radiator mengalir dengan lancar. Jika sudah terkuras tutup kembali jalur pembuangannya.

  • Langkah ke tiga yaitu Isi air radiator yang baru
Nah, seperti yang telah di jelaskan tadi, jika air radiator sudah terkuras habis, pasang kembali baut pembuangan dan tuangkan air coolant sampai penuh, setelah itu pasang kembali tutup radiatornya.

  • Langkah ke empat yaitu Isi tank reservoir sebagai cadangan air coolant
Pada langkah ini yang harus anda perhatikan yaitu ialah batas ketinggian dalam tabung cadangan. Usahakan tidak melebihi kapasitas yang sudah di tentukan oleh pabrikan yaitu upper pada tabung reservoir.
 Bagaimana mudah bukan ? cara untuk mengganti air radiator pada motor honda vario 125. 

Sekian info mengenai Tips dan Cara Mengganti Air Radiator di Motor Vario 125cc. Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para sobat semua. kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih…. 

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon