Loading...

Kamis, 19 Mei 2016

panduan stel klep motor 4 tak

Tags

Hallo brother panduan stel klep motor 4 tak - Menyetel klep pada sepeda motor biasanya dilakukan untuk menghemat bahan bakar atau untuk meningkatkan performa sepeda motor. Penyetelan penyetelan ini pada prinsipnya adalah mengatur jarak kerenggangan klep.

 panduan stel klep motor 4 tak

panduan stel klep motor 4 tak . Biasanya jarak kerengangan klep dalam kondisi standar sudah tercantum dalam buku manual. Tetapi jarak tersebut tidak bisa dijadikan patokan penyetelan klep, terutama pada kendaraan-kendaraan yang sudah berumur dua tahun, dimana telah terjadi penurunan presisi komponen.

 Hal ini menyebaban pengaturan mesin sedikit berubah. Pada sepeda motor yang umur pakainya sudah lebih dari dua tahun biasanya celah klep, clearance piston, ring piston, sisa karbon di dalam ruang bakar, dan tekanan kompresi sudah mengalami perubahan, sehingga perlu pengaturan atau setting yang berbeda. Oleh karena itu, agar pengaturan sesuai dengan performa kendaraan, maka sepeda motor perlu dicoba setelah dilakukan penyetelah.
Motor yang dalam kondisi oke akan punya tenaga besar dengan kemampuan akselerasi yang sesuai dengan spesifikasi dari pabrikan,kondisi seperti itu hanya bisa terwujud bila proses pembakaran bahan bakar dengan udara di ruang bakar juga berlangsung sempurna,proses pembakaran yang sempurna terjadi bila kondisi injektor atau karburator prima begitu pun dengan klep di mesin bila setelan klep tidak benar, maka tenaga motor juga akan loyo,pasalnya peranti itu memiliki fungsi penting mengatur besar kecilnya asupan bahan bakar ke ruang bakar mesin sehingga ukuran celah klep sangat menentukan suplai bahan bakar

panduan stel klep motor 

Rumusan seperti itu sejatinya telah dipahami oleh para pemilik motor, hanya bagaimana cara melakukan penyetelan klep yang tepat, tidak semua orang memahaminya,nah disini kami akan berbagi bagaimana cara melakukan penyetelan klep sepeda motor dan kami yakin anda bisa melakukannya sendiri karena caranya sangat simple hanya saja membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi,salah salah bukan tenaga yang didapat tapi malah mesin jadi loyo tak bertenaga.
Alat kerja yang diperlukan :
1. Obeng (-) Besar
2. Kunci T (sok 17mm)
3. Kunci ring 8-9 mm
4. Kunci tapet klep (L klep)
5 Fuller Gauge (bilah ukur) dan kunci lain bila diperlukan

Berikut ini langkah-langkah menyetel klep pada sepeda motor

  1. Lepaskan baut-baut pada tutup lubang penyetelan klep.
  2. Lepas tutup lubang pengaturan watu pengapian dan tutup lubang poros engkol.
  3. Putar crankshaft atau poros engkol menggunaan kunci sock kearah kiri atau arah yang berlawanan dengan arah jarum jam, kemudian posisikan tanda T pada flywheel atau roda gila tepat berada pada takik penunjuk yang terdapat pada bak mesin kiri.
  4. Penyetalan klep dilakukan pada saat mesin tidak dalam kondisi panas dengan ukuran disesuaikan pada standar kerenggangan yang tercantum pada buku manual yaitu pada data lampiran celah klip ini dan klep out. Untuk sepeda motor yang telah berumur pakai lebih dari dua tahun perlu dicoba setelah penyetelan.

Jika klep sulit disetel

Jika klep sulit disetel kemungkinan terjadi beberapa penyebab yang membuat fungsi pengaturan tidak optimal. Berikut ini beberapa penyebab yang biasanya terjadi jika klep sulit untuk tisetel.
  1. Rocker arm sudah aus, biasanya keausan terjadi pada bagian sepatu rocker arm.
  2. Camshaft atau biasa disebut juga dengan istilah noken as, telah aus. Keausan pada dua komponen tersebut, baik rocker arm maupun camshaft bisa diamati secara visual. Biasanya timbul semacam goresan pada komponen tersebut, atau timbulnya celah atau cekungan pada bagian camshaft, atau lengkungan pada rocker arm mulai rata.
  3. Baut penyetel klep aus.
  4. Ujung tangkai klep aus.
Jika ditemuan kondisi tersebut di atas, sebainya komponen segera diganti. Beberapa kemungkinan yang timbul akibat keausan komponen di atas adalah:
  1. Berpotensi terjadinya kebocoran pada sistem kompresi mesin, sehingga sepeda motor menjadi sulit untuk dihidupkan.
  2. Jika mesin tetap dapat dihidupkan, maka putaran mesin tidak dapat langsam atau dalam kondisi stasioner.
  3. Kemungkinan akan terjadi kesalahan dalam penyetelan klep, misalnya celah terlalu rapat sehingga kerja mesin terlalu berat dan cepat panas, juga mengakibatkan tarikan sepeda motor Anda menjadi berat. Jika penyetelan klep terlalu renggang akan timbul suara yang berisik.
Oleh karena itu, sebaiknya Anda memastikan bahwa komponen-komponen tersebut dalam kondisi yang prima. Jika ada indiasi bahwa komponen sudah tidak berfungsi optimal, sebaiknya Anda menggantinya dengan komponen yang baru sesuai dengan jenis dan tipe komponen yang menjadi standar pabrik.

Sekian info mengenai panduan stel klep motor 4 tak. Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih…. 

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon