Loading...

Sabtu, 03 Desember 2016

Pengaruh Suhu Panas Terhadap Performa Engine Sepeda Motor

Tags

Hallo brother Pengaruh Suhu Panas Terhadap Performa Engine Sepeda MotorPerforma nya akan tidak maksimum jika tidak berada dalam range suhu optimalnya, khususnya pengaruh suhu terhadap gaya gesek piston + ring terhadap dinding silinder
Performa Engine Sepeda Motor . Nah pada artikel ini akan kita bahas pengaruh suhu terhadap perubahan fisik klep, khususnya klep buang (exhaust valve), yang pada akhirnya juga akan mempengaruhi performa engine.
Pengaruh Suhu Panas Terhadap Performa Engine Sepeda Motor . 
Klep buang bertugas sebagai pintu keluarnya gas bakar sisa pembakaran yang sangat panas. Otomatis sebagian energi panas akan diserap oleh bagian payung dan gagang klep yang ada di port keluaran. Akibatnya klep menjadi sangat panas, coba perhatikan distribusi panas yang ada di klep buang dalam gambar berikut ini
Pengaruh Suhu Panas Terhadap Performa Engine
Gimana klep nggak memuai kalo panasnya sampe 700 derajat selsius. Karena memuai, otomatis batang klep manjadi semakin panjang dan semakin tebal, coba perhatikan perbedaan panjang klep ex yang berubah saat engine panas (run) dibandingkan saat hangat (idle).
Pengaruh Suhu Panas Terhadap Performa Engine
Clearance/celah klep saat dingin 0.09 mm saat panas jadi 0.01 mm, semakin menyempit. Karena tahu klep buang akan panas dan memuai, maka celah klep buang selalu lebih longgar dari klep masuk (intake valve). Sebenernya klep masuk juga menerima dampak panas dari ruang bakar, hanya saja karena selalu di lewati oleh gas segar yang dingin, maka kenaikan suhu di klep masuk tidak sebesar klep buang.
Penyetelan kerenggangan klep yang baik adalah berdasarkan standar pabrik, dengan menggunakan fuller gauge. Karena pabrik sudah megukur pada saat suhu optimal, panjang klep akan bertambah “beberapa mm” sehingga pada saat noken-as (camshaft) bebas/free, bagian base circle tidak menekan klep, sehingga tidak terjadi kebocoran kompresi melalui celah2 klep. silahkan baca : ukuran kerenggangan celah klep pada sepeda motor .
Pengaruh Suhu Panas Terhadap Performa Engine      

Pengaruh Suhu Panas Terhadap Performa Engine
Bayangkan jika penyetelan klep terlalu rapat (baik untuk klep in maupun ex), maka diawal kerja engine akan terasa mantab powernya, tenaga ngisi terus, hal ini karena klep terbuka lebih lebar dari standarnya. Namun ketika panas, batang klep mulai memanjang, (karena setelan awal lebih rapat dari std) maka saat noken-as seharusnya free, malah menekan klep sedikit. Meskipun sedikit, karena gas dalam ruang bakar bertekan tinggi, maka akan terjadi kebocoran kompresi. Nah saat itu tenaga mesin terasa ngempos, drop.
Baca juga : Cara Mudah Memperbaiki Klep Bocor Pada Sepeda Motor .
Untuk mesin dengan suhu ideal yg lebih rendah, umumnya penyetalan lebih rapat, sedangkan engine yang suhu idealnya tinggi penyetelan klep lebih longgar. Hal ini untuk mengantisipasi pertambahan ukuran klep yang lebih panjang daripada engine dengan suhu kerja yg lebih rendah. Oleh karenanya engine jenis ini pada saat stasioner suaranya berisik karena klep nya di-stel longgar, dan performanya maksimum-nya belum bisa muncul. Tapi saat mesin sudah panas mencapai suhu ideal, maka bukaan klepnya akan sesuai dengan std pabrik, sehingga tenaga yg keluar juga sesuai. Perhatikan contoh celah klep std pabrik dari dua motor yang berbeda. 
Pengaruh Suhu Panas Terhadap Performa Engine
Pengaruh Suhu Panas Terhadap Performa Engine
Panasnya klep buang juga bisa berdampak pada kerusakan, seperti batang klep terjepit di bos klep, hal ini terjadi pada mesin modif yang saat membuat lubang klepnya tidak presisi dan terlalu rapat. Kejadian lainnya adalah sitting klepnya aus, karena penggunaan klep racing. Sehingga payung klepnya mendem, dan batang klepnya menjadi naik. Ini juga bisa mengakibatkan kebocoran kompresi.
Pengaruh Suhu Panas Terhadap Performa Engine
Jadi masing2 engine sepeda motor punya karakter sindiri2 dan punya kelebihan dan kekurangan masing2. Jika penyetelan kerenggangan klep sesuai std pabrik, maka muntahan power yg keluar dari engine akan sesuai dengan yg dijanjikan, selama engine bekerja pada ” kondisi yang disyaratkan”. Jika tidak, maka tenaga yang keluar tidak akan maksimal.
Sekian info mengenai Pengaruh Suhu Panas Terhadap Performa Engine Sepeda Motor Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... terimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon