Loading...

Kamis, 07 April 2016

Setel Karburator Dengan Benar, Agar Mengurangi Polusi Emisi Gas Buang

Hallo brother Setel Karburator Dengan Benar, Agar Mengurangi Polusi Emisi Gas Buang - Wacana uji emisi di motor yang digulirkan kembali menuai beragam reaksi. Terutama di kalangan motormania, menimbulkan keresahan tersendiri. 
  

Setel Karburator Dengan Benar. Khawatir kalau-kalau besutannya nanti tak lulus pengujian kadar polutan dari bengkel yang sudah disertifikasi. Jiah... gak usah stres, Bro. Sebenarnya, emisi bisa ditekan bila campuran udara dan BBM dalam ruang bakar tepat. Salah satunya, dengan menyetel kembali karburator dengan benar, bukan lewat cara konvensional alias pakai feeling.
Cara Setel Karburator Dengan Benar


Nah, buat mengingat kembali cara setel yang sesuai anjuran pabrik, bisa simak tahapan berikut. Pertama hidupkan mesin dan tahan pada putaran tinggi dengan memutar throtttle stop screw (sekrup penahan skep) masuk ke arah kanan pakai obeng plus.

Lalu putar air screw ke kanan sampai mentok pakai obeng min. Bila mesin mau mati, putaran mesin ditambah atau dinaikkan dengan memutar sekrup penahan skep ke kanan. Kemudian putar air screw keluar atau ke kiri 2-2,5 putaran.

Setel Karburator Dengan Benar

Setel Karburator Dengan Benar

Setel Karburator Dengan Benar

Lalu setel penahan skep ke arah luar atau kiri sampai putaran rendah (mesin tidak mati). Kalau besutan dilengkapi tachometer, putaran dipatok sekitar 1.400-1.500 rpm.

Tahap berikutnya, putar air screw masuk atau keluar secara perlahan untuk mencari putaran mesin tertinggi. Langkah terakhir, putar sekrup penahan skep ke kiri, dicari putaran mesin lebih rendah tapi mesin gak mati (1.400-1.500 rpm).

Cara ini memang sudah baku dan jadi pedoman pabrikan dalam menyetel karburator, tapi masalah kadar emisi gas buang (CO + HC) dan standar Euro II belum banyak yang tahu.
“Sesuai standar Euro II, kadar CO motor yang diijinkan 0,50–1% saat putaran mesin stasioner,”

Untuk mengetahui seberapa besar kadar CO dan HC yang keluar dari lubang knalpot, Suzuki Thunder 125 cc tahun 2007 jadi ‘kelinci percobaan’. Setelah disetel lewat tahapan tadi, lalu diuji alat Automotive Emission  Analyzer HG-520 (HESHBON).

Sebelum karburatornya disetel alias masih standar pabrik, didapat hasil; CO sebesar 3,52% dan HC sebesar 292 ppm. Lantaran CO terlalu tinggi, karburator disetel sedikit dan diperoleh CO 0,82% dan HC 59 ppm.“Cara ngurangi CO juga mudah, cukup putar sekrup penyetel udara ke arah kanan kurang lebih 30 derajat pakai obeng min,”

Hasil tes menunjukkan meski setelan karburator standar pabrik sudah pas, juga bisa disetel lebih tepat lagi dengan Gas Analyzer.“Intinya kalau kadar CO tinggi, kadar HC pasti juga tinggi, bahasa mekaniknya setelan kering lebih yahud dari pada basah,” 

Sekian info mengenai  Mencegah Mesin Motor Agar Tidak Mudah Panas ingat utamakan selalu keselamatan , semoga berguna bagi para brother semua . Kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... terimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon