Hallo brother Yuk, Pilih Per Klep Racing Untuk Mesin Matik - Per klep salah satu peranti vital dalam membuat engine berkitir
sempurna. Tanpa didukung per mumpuni, porting terbaik pun bisa jadi
percuma.
Per Klep Racing Untuk Mesin Matik. Klep bisa floating alias ngambang ketika bekerja naik-turun di
putaran tinggi. Tapi, ada beberapa faktor sebelum memilih per mana yang
bisa diandalkan. Terutama, bagi mesin matik.
Pilih Per Klep Racing Untuk Mesin Matik
Mesin matik buat balap, jarang bermain di angka 12.000 rpm lebih.
“Selama ini, paling banyak bermain di 10.000–11.000 rpm. Jadi, tidak
butuh per yang terlalu keras seperti per klep Jepang,” Matik, dengan kitiran rpm yang tidak lebih dari 13.000, masih bisa
mengandalkan per klep yang berasal dari motor harian. Motor yang umum
dipakai bikers tanah air.
Sebab jika per klep terlalu keras, bisa berakibat enggak bagus bagi
pacuan. Paling utama, bikin power drop di rpm tinggi. Sebab, kitiran
mesin serasa tertahan. Apalagi kalau per terlalu keras menekan.
baca juga :
Sensor-Sensor sistem pengapian motor injeksi dan fungsinya
Komponen Sistem Pengisian Beserta Fungsinya
Ada Suara Nembak Pada Knalpot Mio Soul? Begini Cara Mengatasinya
Tips Cara Mengganti Kampas Kopling Dengan Mudah
Efek lainnya, bisa menyebabkan bumbungan noken as jadi cepat aus karena
friksi berlebih dengan pelatuk kem. Itu kalau dipakai satu race. Tapi
kalau dipakai dua race, tentu menyebabkan seting tidak sempurna.
Hitungan durasi sudah berbeda. So, itu artinya, faktor pertama pemilihan
per klep ditentukan dari tinggi rpm yang dihasilkan engine.
Faktor berikutnya dalam pemilihan per klep, juga ditentukan dari tinggi
lift klep itu sendiri. “Kalau tinggi lift klep masih bermain di bawah 9
mm, pakai klep Sonic saja. Itu sudah cukup,” Selain pakai Sonic, bisa juga andalkan per klep milik Suzuki Shogun 125.
Bahkan, pemakaian per juga bisa di dobel alias pakai per kecil lagi di
bagian dalam. “Tapi, perlu penyesuaian lagi,”
Penyesuaian, terutama di bagian per kecil. Jika tidak, bisa mentok
ketika per sedang menekan full. Klep masih mau membuka, tapi ulir per
sudah rapat. Pegas klep motor harian lain yang bisa dipakai, yaitu Yamaha Mio didobel
dengan per Honda Grand atau Karisma. Tapi, per dalam juga kudu dipotong
buat cegah mentok. "Pemotongannya disesuaikan dengan per luar juga.
Tapi, pastinya sedikit lebih pendek,"
Tinggi batang klep juga bisa mempengaruhi pemilihan per. Tapi, jika
tinggi batang masih dalam toleransi 1–2 mm, itu masih bisa diakali.
“Banyak mekanik yang memberi ring seukuran per dan diletakan di bawah
per itu,”
Tebalnya ring per, bisa beragam. Menurutnya, tergantung dari pre-load
(beban bebas per) yang dicari mekanik. Oh ya! Usainya per dipotong,
bagian permukaan juga harus diratakan lagi seperti bentuk asal ya. Sebab
jika tidak, posisi per klep bisa bergeser ketika berfungsi.
Per Klep Jepang
Berbeda kebutuhan dengan matik! Biasanya, pacuan bebek kerap diajak
berkitir hingga putaran mesin sentuh 14.500 rpm. Kondisi ini, tentu
butuh dukungan per klep lebih keras ketimbang standar. Jadi, klep tidak
floating alias ngambang sesaat ketika naik-turun. Kebutuhan ini, sekarang bisa ditopang per klep Jepang. Kemampuan per
klep yang dijual seharga Rp 600 ribuan ini cukup alot buat diajak
berkitir hingga limit engine bebek.
"Tapi pemakaiannya, sebaiknya didobel per kecil. Bisa juga pakai per klep kecil milik Kawasaki Kaze,”. Sebelum adanya per klep Jepang, banyak mekanik yang andalkan per milik
Sonic. Tapi, daya tahannya tentu tidak sebagus per klep Jepang.
Sekian info mengenai Yuk, Pilih Per Klep Racing Untuk Mesin Matik Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...
EmoticonEmoticon