Loading...

Kamis, 07 April 2016

O2 Sensor

Hallo brother O2 Sensor O2 sensor merupakan salah satu sensor pendeteksi gas buang di saluran exhaust atau knalpot pada motor injeksi. Sensor ini berfungsi mengatur pasokan bahan bakar agar sesuai dengan kebutuhan di ruang pembakaran

O2 Sensor

O2 Sensor. O2 sensor mempunyai tugas menjaga gas buang sisa pembakaran agar selalu pas. Teknologi ini juga membuat motor menjadi ramah lingkungan karena pasokan bahan bakar dapat menekan emisi gas buang.

Cara Kerja O2 Sensor
Setelah O2 sensor memberikan informasi ke ECU, ECU akan memberikan campuran bahan bakar yang ideal sesuai instruksi O2 Sensor. Sehingga gas buang yang dihasilkan lebih ramah lingkungan. Teknologi O2 Sensor juga digunakan oleh Yamaha Mio J – Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah.

Mekanisme O2 Sensor :
  • O2 sensor akan membandingkan jumlah O2 dari sisa pembakaran dengan O2 udara luar. bukan mendeteksi ini bensin premium atau pertamax para AV. 
  • Selanjutnya hasil perbandingan O2 ini di konversikan oleh ZrO2 (Zirconia electrolyte) menjadi arus listrik. Bukan! wah bensin premium niy para AV kasih tahu ECU nya boleh gak niy pake premium di mesin kompresi tinggi. Silahkan baca bahan bakar yang cocok untuk motor injeksi apa ya?
  • Arus listrik inilah yang akan di kirimkan ke ECU sebagai informasi hasil pembakaran yang terjadi pada ruang bakar yg dideteksi melalui gas buang. 
Injector sebelumnya menyemprotkan bahan bakar sesuai sinyal yang diterima ECU sesuai input dari sensor2 dari MAQS, crank position sensor serta sensor temperatur sehingga tercipta semprotan yang ideal setalah bahan bakar terbakar maka hasil pembakaran tersebut dideteksi oleh O2 sensor di lubang exhaust selanjutnya hasil pembacaan ini dirubah menjadi arus listrik yang dikirim ke ECU selanjutnya, ECU akan memberikan perintah ke Injector untuk menyemprotkan sejumlah bahan bakar agar pencampuran udara dan bahan bakarnya menjadi lebih ideal. 
Sekian info mengenai  O2 Sensor ingat utamakan selalu keselamatan , semoga berguna bagi para brother semua . Kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... terimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon